Puluhan Warga Watu Wungkuk Hadiri Sosialisasi Ganti Untung Tol Paspro Seksi IV


Probolinggo, FN -Proses pembebasan lahan untuk pembangunan Tol Pasuruan-Probolinggo (Paspro) seksi IV secara berkesinambungan terus dilakukan Kementerian PUPR, termasuk proses ganti untung yang difasilitasi Kementerian Keuangan pada Masyarakat yang asset tanahnya terkena proyek tersebut.

Seperti yang Nampak dalam kegiatan sosialisasi ganti untung Tol Paspro Seksi IV yang disampaikan pada warga desa Watu Wungkuk Kecamatan Dringu Kabupaten Probolinggo, Kamis (08/10-2020).

Menurut Priyadi, PPK (Pejabat Pembuat Komitmen) dari Kementerian PUPR pusat mengatakan  “Seksi IV ini memasuki desa yang ke-12. Semoga pada musyawarah di desa ke- 12 ini akan menghasilkan kesepakatan dan setuju semua dan segera diikuti dengan mekanisme pembayaran pada warga. Dari 12 desa ini sudah terealisasi pembayarannya pada 6 desa dan ini setelah melalui proses musyawarah.”Ujarnya

Lebih lanjut Priyadi menambahkan jika semua proses muswarah mencapai kata mufakat, tentunya warga terdampak tol yang akan menerima pembayaran harus melengkapi semua kelengkapan administrasi “Tentunya warga yang menerima pembayaran atau pencairan atas proyek tol ini harus melengkapi administrasi seperti penunjukan sertifikat tanahnya. Kami sudah menjelaskan kepada warga perihal harga ganti untung tanah, bahwa itu menjadi ketentuan pihak tol. Nilainya sesuai Nilai Jual Objek Pajak (NJOP) yang berbeda di tiap daerah”tambahnya.

Proses musyawarah ganti untung proyek Tol Paspro Seksi IV  dan penetapan harga pada warga yang ditempatkan di balai desa Watu Wungkuk kecamatan Dringu tersebut berjalan cukup lancar dan hasil pantauan media ini, menunjukkan adanya kesepakatan antara warga dengan pihak perwakilan Kementerian PUPR yang meliputi kompensasi ganti untung terhadap empat poin. Yaitu, ganti bangunan, ganti tanaman, ganti tanah, dan ganti nonfisik.

Sementara itu, Pejabat sementara (PjS) Kepala Desa Watu Wungkuk Bpk Guawan mengatakan, pihaknya tidak mengetahui secara rinci perihal mekanisme pemberian ganti untung lahan terdampak tol Paspro Seksi IV. “Semua mekanisme pencairan terhadap tol paspro ini semua dilakukan pada masing-masing warga pemilik lahan ke rekening masing-masing.”Ujarnya.

Seperti diketahui Desa Watu Wungkuk merupakan salah satu dari 37 desa yang ada di lima kecamatan di Kabupaten Probolinggo yang terdampak pembangunan tol Paspro Seksi IV. (Sin)


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *