REHABILITASI SALURAN IRIGASI BERMANFAAT UNTUK PERSAWAHAN WARGA SEKITAR

Silahkan bisa Share di :


MAGETAN – FN. Dalam rangka menjamin kelancaran air bagi lahan pertanian, Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang ( PUPR) Kabupaten Magetan, melalui Bidang SDA kembali pelaksanaan proyek rehabilitasi dan peningkatan jaringan irigasi II.
Salah satu titik yang mendapatkan rehabilitasi pada tahun 2020 ini adalah rehabilitasi saluran irigasi Bondot Kiri Jalan Desa Nguri, di titik ini bertujuan untuk mengoptimalkan fungsi saluran irigasi untuk sawah. Dengan luas kurang lebih 990 hektar,meliputi sawah di desa tapen,desa pupus,desa nuri dan kedungpanji, adapun kontruksinya berupa pasangan lining beton pracetak, dengan anggaran Rp. 196.030.000 (seratus sembilan puluh enam juta tiga puluh ribu rupiah), masuk tahun anggaran 2020, dan dikerjakan oleh CV Teguh Karya.
Kepala Bidang SDA (Sumber Daya Air) melalui Kasi Dadang (01/12/2020) menyampaikan bahwa proyek rehabilitasi irigasi selain untuk memperbaiki kondisi fisik juga bertujuan untuk mengurangi tingkat kebocoran di saluran,bila saat kondisi debit air minimum masih bisa optimal dimanfaatkan oleh petani untuk mengaliri sawah.
Dengan direhabnya saluran irigasi ini, maka para petani dapat memanfaatkan secara maksimal, dapat menunjang lancarnya pertanian yang ada di kawasan yang bisa terairi dari irigasi tersebut, demi meningkatnya kelancaran perekonomian para petani dan masyarakat sekitar. (cc)


Silahkan bisa Share di :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *