Sepeda Onthel Olahraga Cinta Lingkungan


Rasim Yudianto (tiga dari kiri) bersama komunitas Sepeda Onthel Surabaya

Lamongan,FNnews-Kegiatan bersepeda onthel merupakan salah satu aktivitas yang kerap kali dilakukan masyarakat urban saat ini. Kegiatan yang sedang booming ini dapat menjadikan tubuh semakin sehat dan kuat. Karena dengan gerakan mengayuh pedal sepeda, otot-otot tubuh bergerak secara teratur seiring pernapasan kita.

Selagi bersepeda di ruas-ruas jalan kota atau taman yang permai, pengguna sepeda pun sebenarnya sudah turut serta “andil ” dalam pelestarian lingkungan menjadi bersih dan bebas dari polusi carbon.

Seperti diketahui sepeda onthel saat ini telah menjadi salah satu alat transportasi ramah lingkungan karena tanpa perlu bahan bakar, sehingga mengurangi polusi udara.

Selain ramah ringkungan, sepeda pun dapat menjadi alat transportasi yang murah, tidak perlu biaya mahal untuk menggunakan sepeda. Satu-satunya yang perlu dilakukan yakni perawatan yang baik secara teratur untuk menghindari terjadinya kerusakan sewaktu digunakan.

Rasim Yudianto bersama keluarga

Seperti Rasim Yudianto (43) Seorang pecinta sepeda Onthel yang sudah mengoleksi beberapa jenis sepeda ini selalu hadir dalam setiap ada kegiatan, baik dikota Surabaya, Gresik, Sidoarjo dan sekitarnya.

Menurutnya bersepeda onthel disamping berolahraga juga bisa menambah teman dari berbagai golongan strata, mulai dari teman yang seusia sampai para purnawirawan juga ada, karana ada kesamaan hobi. Bahkan bisa juga dijadikan kegiatan jual beli sepeda onthel jika ada teman yang perlu bantuan untuk dicarikan.

“Saya sudah menjadi hobi dengan mengayuh sepeda onthel, badan menjadi segar dan sehat, juga menambah teman dari berbagai golongan dari yang swasta,pegawai sampai yang sudah purnatugas. Kadang juga ada teman yang perlu untuk cari sepeda onthel saya diminta membantunya, itulah senangnya,” Ujar pria asli Balongpanggang yang biasa dipanggil Gocim ini.

Cak Gocim juga sudah bisa memahami jenis sepeda onthel yang baik dan kisaran harganya. Karena sebelumnya ada booming sepeda onthel saat ini, ia sudah memiliki beberapa jenis sepeda onthel kuno. Diantaranya ada Burgers ENR buatan Belanda 1950, Heren, Dames atau yang lebih dikenal dengan nama sepeda onta , Batavus, Fongers, Gazelle, Hamber, Simplex dan Releigh yang memiliki ciri khas nomor seri dibawah sadel. Meskipun begitu kalau ada yang berminat ia juga tidak ragu untuk melepaskan sepeda onthel kesayangan nya./FNnews.Ari


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *