Siomay Aura Satu Potensi Kuliner Khas Probolinggo Yang Mampu Menembus Pasar Jawa Timur

Silahkan bisa Share di :

Siomay Khas Probolinggo

Probolinggo, Forumnusantara – Dampak pandemi Covid-19 terhadap perkembangan dunia usaha level kecil dan menengah yang selama ini banyak digeluti masyarakat smakin hari semakin terasa imbasnya. Hal ini yang mengilhami Prabowo (42), seorang pengusaha muda di Kabupaten Probolinggo untuk mengajak warga Desa Wonorejo Kecamatan Maron Kabupaten Probolinggo untuk tetap bersemangat mengembangkan usaha mikro kecil dan menengah (UMKM).

Melalui terobosan yang secara berkelanjutan terus dikembangkan, Prabowo merintis pembuatan kuliner khas Kabupaten Probolinggo berupa makanan Siomay yang saat ini mulai menunjukkan perkembangan baik produksinya maupun peminatnya. Makanan khas Probolinggo yang diberi nama Siomay Aura ini selain mengangkat aset wilayah dari segi kuliner, juga memberi peluang bagi warga desa tersebut yang tergabung dalam UMKM untuk eksis berkreasi.

“Prabowo pengusaha muda Probolinggo

Ditengah lesunya perekonomian warga akibat pandemic Covid-19 ini, kami berupaya berempati pada Masyarakat sekitar desa Wonorejo dengan memberdayakanya dalam kegiatan usaha mengolah kuliner khas Probolinggo.”ujar Prabowo yang ditemui wartawan media ini.

Lebih lanjut, pengusaha muda yang selama ini menggeluti usaha penggilingan dan pengepakan beras diwilayah Kabupaten Probolinggo tersebut menambahkan bahwa ide untuk memproduksi makanan khas Probolinggo jenis siomay karena selama ini dari masing-masing wilayah citarasa makanan tersebut berbeda. “Perbedaan citarasa ini yang menjadi kekhasan Siomay yang kami buat. Memang makanan jenis ini banyak terdapat dihampir setiap daerah seperti Bandung dengan ciri racikan sesuai kekhasan masing-masing dan kami berupaya menciptakan citarasa Siomay Aura ini berbeda dengan daerah lain.”tambahnya.

Seperti diketahui, selama ini Prabowo mengakomodir aktifitas beberapa UMKM yang ada didesa Wonorejo disatu lokasi. Jadi puluhan warga dalam pembuatan siomay ini menempati lahan telah disediakan. Selain memproduksi kuliner jenis siomay, dalam waktu dekat Prabowo juga akan mengembangkan produk olahan makanan jenis lain. Untuk Siomay khas Probolinggo hasil karya UMKM ini terpantau telah menembus hampir semua wilayah Jawa Timur bahkan merambah hingga ke Jakarta. (Sdr/Sin)

Silahkan bisa Share di :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *