Kemendikbud Tetapkan SMKN 1 Rejotangan Sebagai Sekolah Center of Excellence

Silahkan bisa Share di :

Avatar

TULUNGAGUNG – Prestasi membanggakan kembali di raih SMKN 1 Rejotangan, pasalnya pada 18 september lalu Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan (Kemendikbud) menetapkan SMKN 1 Rejotangan sebagai SMK Center Of Excellence (COE) bidang hospitally.

Adapun Program Pengembangan Pusat Keunggulan ( Center of Excellence ) ini merupakan program dari Direktotat SMK Kemendikbud RI sebagai upaya guna menindak lanjuti Intruksi Presiden Nomor 9 tahun 2016, tentang Revitalisasi Sekolah Kejuruan untuk meningkatkan Kualitas Sumber Daya Manusia, sehingga melalui program tersebut diharapkan bagi siswa SMK bisa lebih berkompeten.
Kepala Sekolah SMKN 1 Rejotangan Drs Masrur Hanafi mengatakan” Dari 14.000 Sekolah Menengah Kejuruan se-Indonesia, ada sebanyak 406 SMK yang terpilih sebagai SMK CoE, dan 70 SMK diantaranya sektor Hospitality, salah satunya adalah SMK Negeri 1 Rejotangan.
Lanjut Hanafi” Dengan program CoE Para lulusan SMK selain dituntut untuk memiliki keterampilan (hard skill) juga dituntut untuk memiliki soft skill yang baik, sebab, soft skiil sangat bermanfaat dalam dunia kerja dan industri. Selain itu, dengan program CoE akan mampu memberikan dampak positif terhadap peningkatan mutu SMK Negeri Rejotangan dengan dua orientasi baru.
Pertama, mengantisipasi datangnya gelombang Revolusi Industri 4.0 dengan segala teknologi desruptif yang menyertainya, dan kedua, orientasi pengembangan keunggulan potensi wilayah sebagai keunggulan nasional untuk menciptakan daya saing bangsa.
Hanafi berharap goal yang dicapai adalah 5 paket Dirjen Vokasi. Dengan ending keterserapan lulusan ke dunia usaha, dunia kerja dan industri. Membentuk lulusan yang punya soft skill dan adaptasi lulusan sesuai kompetensi yang dikehendaki oleh industri dan dunia kerja (Iduka) secara riil, yang kontekstual atau nyata.

Silahkan bisa Share di :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *