LIRA Sumberasih Kawal Pendistribusian BLT DD di Desa Jengur

Silahkan bisa Share di :

Probolinggo,ForumNusantaranews.com – Sebagai tindak lanjut penanganan Covid-19 berkaitan dengan dampak sosial akibat pandem tersebut, Maka Pemerintah Desa Jangur Kecamatan Sumberasih Kabupaten Probolinggo menyalurkan Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT-DD) kepada Keluarga Penerima Manfaat (KPM) tahun anggaran 2020,. Bantuan tersebut disalurkan kepada 185 Kepala Keluarga (KK)  dengan nilai uang sebesar Rp 600 ribu per KK untuk tahap pertama. Rabu, (03/5).
Kegiatan pemberian kompensasi tersebut berlangsung di Kantor Desa Jamgur dan dihadiri serta dipantau langsung oleh Muspika kecamatan Sumberasih beserta rombongan. Nampak terlihat Camat LSM Lumbung Informasi Rakyat (LIRA) Sumberasih juga berada dilokasi.
Kepala Desa Sumberasih, Agus Haryono mengatakan 185 kepala keluarga tersebut merupakan hasil penjaringan yang sangat ketat dan diverifikasi melalui Musyawarah Desa Validasi Finalisasi Penetapan Penerima BLT- DD yang telah dilakukan sebelumnya. Para penerima BLT Dana Desa adalah orang yang sama sekali tidak menerima bantuan lain dari pemerintah, seperti PKH, BPNT, BST dan bantuan sembako lainnya.
“Penerima BLT- DD ini merupakan hasil verifikasi oleh tim melalui mekanisme yang ditentukan. Kami juga mengingatkan pada perangkat desa agar tak terjadi double bantuan dan utamanya warga yang betul betul terdampak Covid- 19 dimana disebabkan wabah ini kehilangan mata pencahariannya, itu yang kami utamakan.Ujarn Kades Jangur.
Pantauan Forum Nusantara terhadap giat kompensasi dampak Covid-19 bagi 185 penerima manfaat BLT- DD terbagi disejumlah dusun di desa tersebut, hingga saat hari H pendistribusian, tidak ditemukan complain dari warga.


Kami juga meneknakan pada semua perangkat agar jangan main-main dengan dana Covid ini,dan apabila ditemukan dikemudian hari data ganda dengan bansos yang lain maka kami tidak segan untuk mencoret salah satu dan kami juga sudah menyediakan surat pernyataan sanggup mengembalikan bansos yang diterima tersebut. Kami berharap manakala ada kekeliruan dalam hal data, agar mohon disampaikan kami manusia biasa dengan segala keterbatasan maka kami akan segera menindaklanjuti, tambah Agus.
Ditempat yang sama, Camat LIRA Sumberasih, Mohammad Buri Wawan menjelaskan terkait kedatangan pihaknya dalam acara pembagian BLT DD di desa Jangur ini, sebatas memantau pelaksanaan saja. Sebagai lembaga control sosial, kita berkewajiban memantau pelaksanaan pendistribusian dana bagi warga tersebut. Diharapkan tidak ditemukan adanya pemberian yang tidak tepat sasaran. Kalaupun ada warga yang tidak terakomodir dalam memperoleh dana bantuan ini, kami akan segera mengambil langkah koordinasi dengan pihak desa guna mendapatkan solusi yang terbaik.tegas pria berkumis yang akrab disapa Buri wawan ini. (Sin).

Silahkan bisa Share di :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *