Pantang Menyerah Dalam Menggeluti Berbagai Usaha


H.samsu pengusaha muda

Probolinggo,Forumnusantaranews.com – Lesunya perekonomian akibat pandemi Covid-19 bisa jadi menjadi keprihatinan semua pihak. Ditengah pandemi yang memicu munculnya kekhawatiran dimasyarakat menyangkut penunjang perekonomian, membuat sebagian masyarakat berupaya mensiasati agar pemenuhan hidup terus berjalan.

Begitu juga upaya pemerintah dalam menyikapi pandemi ini dengan memberikan berbagai bantuan yang diharapkan dapat memenuhi kebutuhan hidup masyarakat.

Namun ada potret lain saat menghadapi musibah pandemi Covid-19 ini. Adalah H. Samsu Hadi, warga Desa Patalan Kecamatan Wonomerto Kabupaten Probolinggo dalam menghadapi musibah ini terus bersikap arif. Bagaimana tidak, pria paruh baya ini dalam menghadapi pandemi tidak menyurutkan semangatnya untuk terus eksis berkarya.

Seperti diketahui, sejak usia muda Samsu Hadi telah menggeluti berbagai bidang usaha. Mulai dari usaha kecil-kecilan berjualan tempe, kemudian bergabung dengan salah satu Koperasi yang ada diwilayah kabupaten Probolinggo. Di koperasi inilah, sosok ini makin bisa mendalami teknis manajemen sesuai dengan keilmuan saat berada dibangku SLTA.

Selama hampir 16 tahun, Samsu bekerja di koperasi tersebut dan disela kegiatan rutin dilembaga ini, Samsu “nyambi” menggeluti bidang lain seperti bertani dan mengembangkan usaha berkebun.

“Saya berangkat dari nol dan selama meniti karir dibeberapa instansi atau lembaga, saya berupaya mencari peluang. Jadi selama bertahun-tahun secara perlahan peluang itu saya telaah dan pelajari guna dapat dimanfaatkan dalam menunjang kelangsungan hidup.”ujar pria alumni SMKN 1 kota Probolinggo atau biasa disebut SMEA ini

Tak berlebihan apabila saat ini, H.Samsu Hadi bisa memenuhi kebutuhan ekonominya dari berbagai bidang usaha terlebih dalam menghadapi pandemi covid-19 ini. Bahkan Samsu kali ini eksis mengembangkan tanaman Porang. Menurutnya porang ini dijadikan tanaman tumpang disela tanaman sengon. Pria ini menanam pohon porang dihampir 2 hektar lahan yang dimilikinya.

Lebih lanjut H.Samsu menjelaskan bahwa mengolah lahan untuk perkebunan sudah dijalaninya sejak beberapa lahun lalu. Pantauan Forumnusantaranews.com dilokasi sekitar kediaman pria ini terlihat hamparan lahan yang ditumbuhi berbagai tanaman buah, mulai pohon durian, Pepaya, Klengkeng, Mangga dan lainnya.

“Kebun buah dibelakang rumah ini sebenarnya di plaining menjadi taman buah di kecamatan Wonomerto khususnya desa Patalan. Namun karena adanya pandemi korona, sehingga rencana tersebut sementara dipending.”ujar pria yang juga mengaku kebun buahnya telah dikunjungi sejumlah pejabat dan instansi mulai mantan Bupati Probolinggo H Hasan Aminuddin dan pejabat Pemkab hingga petugas Dinas Pertanian dari provinsi dan daerah.

Apresiasi atas langkah yang dilakukan oleh H. Samsu Hadi ditunjukkan oleh sejumlah pihak. Demi dapat menopang perekonomian, apappun bisa dilakukan asal tepat dan endingnya dapat memberi kontribusi bagi kelangsung hidup utamanya bagi keluarga. (Sdr-Sin).


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *