Program Pascasarjana UIT Gelar Orientasi Mahasiswa Baru Secara Daring

Silahkan bisa Share di :

Makassar,forumnusantaranews.com –
Program Pascasarjana (PPs) Universitas Indonesia Timur (UIT) Gelar Orientasi Studi Mahasiswa Baru secara Daring di Kampus IV, Jl. Rappocini Raya, Selasa 20/10/2020.

Kegiatan Orientasi ini dihadiri Wakil Rektor 2 Hj. Lismayana, S.Sos, M.Si, Direktur PPs Prof. Dr. Maemunah Dawy, M.S, Asdir PPs Dr. Patawari, SHi, MH, Ketua Prodi M.Kes Dr. Risma Haris, M.Si, Ketua MIAN Dr.Henni Zainal, M.Pd, Kepala PDPT Muh.Arsyad, S Pd, MM, para Sekretaris Prodi.

Wakil Rektor 2 Hj. Lismayana, S.Sos, M.Si, dalam sambutannya mengatakan “Kegiatan Orientasi ini suatu awal kegiatan Tri Dharma Perguruan Tinggi pada setiap Perguruan Tinggi seperti halnya kita lakukan di Universitas Indonesia Timur, merupakan suatu rutinitas setiap tahunnya kita laksanakan setelah semua rangkaian Penerimaan Mahasiswa Baru, itu dilaksanakan dari proses sosialisasi kemudian perekrutan melalui pendaftaran seleksi sampai dengan disahkannya suatu Keputusan Rektor tentang penetapan Mahasiswa Baru UIT pada setiap tahunnya.”

Menurut Wakil Rektor 2, Proses Penerimaan Mahasiswa Baru dari tahun ke tahun dari sejak berdirinya UIT Tahun 2001 sampai tahun 2017 itu dilakukan secara manual, dalam 2 tahun terakhir ini proses PMB dilaksanakan secara Online yaitu tahun 2019 dan tahun 2020.
Menurutnya, jumlah peminat 1048 orang yang terdiri dari 22 Prodi yang dinyatakan lulus tes 846 orang. Untuk Pascasarjana 184 orang dari 4 Prodi yaitu M.Kes 71 orang, MM 42 orang, MH 54 orang, MIAN 19 orang.

Wakil Rektor 2, mengapresiasi jumlah tersebut, kalau dilihat tahun sebelumnya masih relatif kecil, karena pernah mencapai puncak jumlah mahasiswa 8000, 6000 pertahun dari tahun 2008 sampai tahun 2013.
Tentu kita tidak berkecil hati segala upaya kita lakukan, termasuk bagaimana tetap mempertahankan suatu mutu dalam pengelolaan Tri Dharma Perguruan Tinggi.

Salah satunya pengembangan kita lakukan saat ini, bagaimana kemudian proses reakreditasi dalam legitimasi terhadap program studi yang kita kelola dari 22 prodi yang ada. Alhamdulillah sudah 14 prodi terakreditasi, 12 prodi terakreditasi B dan 2 terakreditasi C, tetap kita melakukan perbaikan dalam rangka mencapai target 100 persen terakreditasi B, Tentu bisa kita raih karena dukungan dan kerja keras dari semua lini unit kerja yang ada dalam lingkup UIT, kata Lismayana.

Direktur PPs UIT Prof.Dr.Hj.Maemunah Dawy, M.S mengatakan orientasi ini dilaksanakan sangat baik dan menolong mahasiswa dalam rangka membangun komunikasi antara pengelola Pascasarjana dengan mahasiswa agar dapat menerima pembelajaran yang baik
Direktur PPs, berharap semoga mahasiswa belajar sungguh-sungguh sesuai aturan Akademik agar bisa cepat menyelesaikan studinya tepat pada waktunya.

Asdir I PPs, Dr. Patawari, SHi, MH mengatakan kegiatan Orientasi ini proses ke depan mengupayakan percepatan Akreditasi Program Studi
Menurut Asdir, kita akan mengelola Pascasarjana secara Profesional berdasarkan SN DIKTI, dalam hal ini selaku Asdir sudah mengupayakan kepada mahasiswa beberapa kalangan dan Civitas Akademik Universitas Indonesia Timur, kata Patawari.

Ketua Prodi M.Kes, Dr.Risma Haris , M.Si mengatakan sistem perkuliahan masih menggunakan metode Daring di karena kan kondisi Covid 19 belum berakhir.
Namun kami berharap kondisi ini bukan penghalang bagi mahasiswa untuk mengikuti proses perkuliahan, kata Risma.

Hal senada Ketua Prodi MIAN Dr.Henni Zainal, M.Pd mengatakan adanya kuliah Daring ini, sangat diharapkan kekompakan mahasiswa melalui Group Whatsap (WA) Prodi masing-masing sehingga mudah mendapatkan informasi yang benar dari Prodi.

Silahkan bisa Share di :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *